Pos Kesiapsiagaan Bencana NU Jepara

Siaga PC NU

Jepara (5/2) – Akibat  diguyur hujan seharian, sejumlah Kecamatan di Kabupaten Jepara, digenangi banjir. Banjir ini disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai akibat tidak mampu menampung debit air.
Data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Senin (05/2/2018), menyebutkan, sejumlah Kecamatan yang daerahnya terendam banjir akibat hujan deras yang berlangsung sejak pagi dengan intensitas tinggi, dampak yang ditimbulkan akibat hujan deras menyebabkan;

  1. Banjir dengan ketinggian air 1,25 meter di Desa Sumberrejo Kecamatan Donorojo.
  2. Tanah longsor di Desa Sumosari Rt 04 Rw 01 Kecamatan Batealit . Teras masjid.
  3. Tanah Longsor Dukuh  Ngercah RT 01/01 Desa Watuaji Kecamatan Keling.  Memutus jalan penghubung watu aji kendesa klepu.
  4. Banjir di sekitar plang sampai dengan pasar mayong,  mengakibatkan PKU Mayong tergenang air masuk kedalam ruangan pasien dengan ketinggian 5 s/d 10 cm.
  5. Daerah ngetuk nalumsari banjir merendam tanaman padi dan laos luasnya belum terdata.
  6. Tanggul jebol di kali kauden manyargading kec. Kalinyamatan. Menggenangi sawah jembangan luas belum terdata.
  7. Longsor.di ds damarwulan dk medono . Mengakibatkan 1 pagar rumah warga roboh sepanjang 10.meter.  saluran pembuangan air rusak panjang belum terdata. Kerugian material sekitar 4 juta.

Sejauh ini PC NU Kabupaten Jepara melalui Lembaga Penanggulangan bencana dan perubahan iklim telah mnerjunkan beberapa sukarelawan untuk melakukan monitoring ke sejumlah lokasi rawan bencana bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, PMI Kabupaten Jepara dan komunitas yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *