Nasi Bungkus Warga NU Untuk Korban Banjir Jepara

WhatsApp Image 2018-02-08 at 7.11.55 PM

Jepara (8/2) Dampak banjir yang merendam Dukuh Tempur Desa Sumberejo dan Dukuh Tawangrejo, Desa Clering Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Genangan air yang dimulai sejak pukul 04.46 dini hari sangat mengganggu aktivitas warga. Sekitar 130 KK di dukuh Tempur Desa Sumberejo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah terganggu aktivitasnya. Karena banjir yang terjadi menggenangi rumah warga sampai ketinggian sekitar 3 m.

Sedangkan di Dukuh Tawangrejo Desa Clering Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah kondisinya hampir sama. Ketinggian air mencapai 0,5 m dan merendam sekitar 60 KK penduduk yang berada didukuh tersebut. Melihat kondisi tersebut PC NU Jepara berkordinasi dengan Camat Donorojo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dan komunitas lainnya terkait penanganan korban banjir tersebut.

Hasil koordinasi tersebut disepakati bahwa tidak dibangun dapur umum dilokasi bencana, akan tetapi korban banjir akan disuplai makanan siap santap dan logistik lainnya. Makanan siap santap akan disupalai dari PCNU Jepara dengan menggerakkan warga NU yang tidak terkena dampak banjir diKabupaten Jepara. Bantuk makanan siap santap yang disiapkan oleh warga NU Jepara melalui PCNU Jepara berupa roti dan nasi bungkus.

WhatsApp Image 2018-02-08 at 7.11.59 PMNasibungkus yang disiapkan oleh jajaran PCNU Jepara tersebut merupakan bentuk kepedulian warga NU kepada Korban Banjir diwilayah Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Jumlah nasibungkus yang disuplai dari PCNU Jepara sebanyak 1000 bungkus setiap kali pengiriman. Dan akan didistribusikan oleh Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jepara. Mekanisme distribusi yang dilakukan oleh LPBINU Jepara adalah dari jumlah 1000 bungkus akan didistribusikan 600 bungkus di Dukuh Tempur Desa Sumberejo dan 400 bungkus di Dukuh Tawangrejo Desa Clering Kecamatan Donorojo.

Aksi bantuan nasi bungkus yang didistribusikan tersebut merupakan wujud kepedulian warga NU terhadap korban banjir di Kecamatan Donorojo. Nasi bungkus yang terkumpul berasal dari daerah sekitar wilayah terdampak seperti kelompok Muslimat NU Donorojo dan Keling, Fatayat NU Mlonggo serta NU Ranting Desa Bandengan. Disampaikan oleh Asyhadi (Sekretaris LPBINU Jepara) bahwa gerakan nasi bungkus ini yang merupakan wujud kepedulian masyarakat terhadap masyarakat yang lain yang terkena bencana, dan semoga kegiatan yang baik ini dapat ditingkatkan, sehingga solidaritas warga masyarakat khususnya warga NU dapat selalu ditingkatkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *