Integrasi Multi Stakeholders Dalam Penanggulangan Bencana

WhatsApp Image 2018-02-14 at 12.28.07 PM

Jepara (14/2) Dalam penanganan bencana, perlu adanya kerjasama yang kuat dan memahami tentang peran dan tanggung jawab masing-masing stakholder. Dengan pemahaman dan adanya koordinasi yang kuat antar stakeholder yang terlibat dalam penanganan bencana, tidak akan terjadi tumpang tindih pekerjaan dan tanggung jawab.

Stakeholder dalam penanganan bencana di daerah bisa berupa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), LSM, Organisasi Masyarakat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Pengusaha, Media Lokal dan penggiat bencana dan media massa.
Setiap stakeholder memiliki peran yang sangat penting. Hal ini terjadi karena setiap kejadian bencana pasti melibatkan semua unsur masayarakat. Pemerintah, LSM, Partai Politik, Media, Pengusaha dan lain sebagainya ingin hadir dan terlibat dalam penanganan bencana.

Melihat dan mempertimbangkan adanya peran yang signifikan stakeholder dalam penanganan bencana, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jepara sebagai media komunikasi dan infromasi antar stakeholder bencana di daerah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara bersama dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jepara mengadakan pertemuan stakeholder di Jepara. Harapannya, dengan adanya kegiatan koordinasi tersebut, kerjasama antar stakeholder akan meningkat dan penanganan bencana di daerah semakin lebih baik.

Rapat koordinasi Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jepara dengan topik Evaluasi dan antisipasi terjadinya musiba bencana dilaksanakan pada hari Rabu 14/2/2018 di Gedung Serbaguna Setda Jepara. Kegiatan tersebut seyogyanya dibuka oleh Sekda Jepara, karena berhalangan hadir kemudian diwakilkan kepada Staf Ahli. Dalam Sambutannya disampaikan bahwa kepada anggota FPRB agar dapat meningkatkan pemahaman kepada anggota dan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana, sehingga masyarakat mampu menolong dirinya sendiri jika terjadi bencana.

Sedangkan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin menyampaikan bahwa berdasarkan aktivitas dalam penanganan bencana di kabupaten Jepara maka multi stakeholders perlu meningkatkan komitmennya sampai dengan level operasional. Menurutnya komitmen stakeholders khusunya OPD selama ini sudah baik tetapi dalam tataran pelaksanaan masih perlu ditingkatan. Ujar Arwin.

Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jepara yang diwakili oleh Koordinator Umum Fatchur Rohman menyampaikan bahwa Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) merupakan wadah yang menyatukan para multi stakeholders yang bergerak dalam mendukung, menyediakan dan memobilisasi pengetahuan, keterampilan serta sumberdaya dan upaya-upaya pengurangan risiko bencana di wilayah Kabupaten Jepara. Mengingat fungsi dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Jepara salah satunya adalah menjadi wadah komunikasi, koordinasi dan kolaborasi multi stakeholders dalam penanggulangan bencana. Maka membangun kesepahaman rencana kerja Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Jepara sangat penting.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *