FGD Penyusunan Peta Rawan Bencana Tingkat Kecamatan di Jepara

FGD BPBD 1

Jepara (13/9) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara melaksanakan kegiatan Focus Group Discusion (FGD) untuk penyusunan peta rawan bencana. Kegiatan yang diikuti 40 orang dari berbagai lembaga baik OPD, Komunitas dan steakholder lainnya. Agenda dari FGD tersebut adalah membahas beberapa hal terkait dengan mengidentifikasi, pemetaan, menilai serta menilai kerawanan bencana di Kabupaten Jepara.  Pada tahun 2018 ini, BPBD Kabupaten Jepara melakukan penyusunan untuk peta rawan bencana di tiga kecamatan. Adapun kecamatan yang menjadi proyeksi atau fokus kegiatan adalah Kecamatan Jepara, Kecamatan Kembang dan Kecamatan Kalinyamatan.

FGD BPBD 2Kegiatan FGD tersebut adalah untuk mengexplorasi jenis dan lokasi bencana di kecamatan Jepara, Kalinyamatan dan Kembang. Selain itu juga untuk selain itu adalah untuk mendapatkan masukan metode dan hasil penyajian dan pemetaan data yang ada. Potensi bencana yang prioritas dikaji meliputi Banjir, ROB, Angin Puting Beliung, Kebakaran, Longsor, Endemi, Kekeringan, Konflik sosial, Abrasi. Dari semua jenis bencana tersebut untuk tiga kecamatan hampir memiliki potensi semua dan akan dilakukan kajian lebih mendalam oleh TIM BPBD.

Hasil dokumen pemetaan daerah rawan bencana nantinya akan disosialisasikan oleh BPBD Jepara melalui beberapa program yang nantinya dapat terintegrasi dengan kegiatan tersebut. Penyusunan peta rawan bencana kali ini merupakan kali ketiga karena sebelumnya telah disusun peta rawan bencana di enam kecamatan yang berbeda, jadi nantinya pada akhir tahun 2018 BPBD Jepara akan memiliki peta rawan bencana sebanyak 9 dokumen, kata Kusdiyarto kasi pencegahan BPBD Jepara.

FGD BPBD 3Dengan disusunnya peta rawan bencana di Kabupaten Jepara semoga dapat menjadi masukan dan informasi bagi perencanaan pembangunan di Jepara. Agar pembangunan daerah jepara ini dapat selalu memperhatikan risiko bencana didaerah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *